Kesehatan mental anak-anak

Sudah dua bulan kita menjalani PSBB.  Mendadak ruang lingkup hidup kita jadi sempit karena semua anggota keluarga tetap di rumah.  PSBB Jakarta berakhir tanggal 4 Juni, tapi bukan berarti kita bisa langsung melanjutkan kegiatan sehari-hari seperti sebelumnya.  Kita akan tetap menghabiskan sebagian besar waktu di rumah sampai situasi benar-benar aman yang entah kapan terjadi.  Dalam masa seperti ini, luangkan sedikit waktu untuk mengenal dan membiasakan diri memelihara kesehatan mental, terutama bagi anak-anak dan orang-orang muda.

Kesehatan mental dulu adalah sebuah kata tabu, bahkan dengan mudah seseorang dicap “gila”.  Dengan perkembangan penelitian kesehatan, sekarang sudah diakui bahwa kesehatan mental juga sama saja dengan kesehatan badan.  Sama-sama harus dijaga dan siapa saja bisa saja “sakit”.

Untuk orang dewasa, sebagian besar sudah lebih bisa menjaga diri dan mengisi hari dengan rutin yang positif.  Anak-anak banyak yang mengalami kesulitan melakukan penyesuaian dengan isolasi ini.  Kangen teman-teman, kangen pacar, bahkan kangen suasana sekolah dan guru.

Mind adalah sebuah organisasi nirlaba Inggris yang bertujuan menyediakan informasi dan dukungan bagi masyarakat yang mengalami masalah kesehatan mental.  Walaupun hotline dan nasihat hukum hanya ditujukan bagi warga negara Inggris, Mind mempunyai beberapa publikasi yang cukup informatif.  Cek artikel mengenai Coronavirus dan wellbeing untuk anak-anak, terutama untuk adaptasi berada di rumah saja di sini.

Kita semua punya tujuan sama, yaitu supaya pandemic ini cepat berakhir.  Sementara itu, tetap aman dengan berada di rumah saja kalau bisa, dan jagalah kesehatan mental baik untuk diri sendiri maupun untuk anak-anak.

Untuk tips lainnya, klik di sini.